Assalamualaikum Wr. Wb~
Di sekolah ku SMKN 2 Bekasi (Ciyee promosi sekolah :v ) ada yang namanya Pemrograman Grafik, software yang digunakan adalah Processing. software ini menggunakan bahasa pemrograman Java, jadi ga terlalu sulit untuk mempelajarinya. Walaupun belum lama mempelajari pelajaran ini, Tapi aku tetap ingin mencoba membagikan apa yang aku pelajarin di sekolah.
Sekarang kita ingin membuat suatu objek lalu menggerakanya dengan keyboard. Programnya sederhana, hanya menggunakan variabel untuk posisi suatu objek, kemudian nilai variabel itu akan berubah ketika tombol keyboard ditekan. Di sini aku menggunakan tombol W untuk ke atas, A ke kiri, S ke bawah dan D ke kanan.
Silahkan copy kode di bawah ini
float x = 100, y = 100; //posisi awal
void setup(){
size(720, 480); //ukuran window
smooth();
strokeWeight(2); //ketebalan garis luar
}
void draw(){
background(240); //warna background
ellipse(x, y, 50, 50); //posisi dan ukuran objek
if(keyPressed){
if((key == 'W') || (key == 'w')) y -= 10; //W untuk ke atas
if((key == 'A') || (key == 'a')) x -= 10; //A untuk ke kiri
if((key == 'S') || (key == 's')) y += 10; //S untuk ke bawah
if((key == 'D') || (key == 'd')) x += 10; //D untuk ke kanan
}
}
void setup(){
size(720, 480); //ukuran window
smooth();
strokeWeight(2); //ketebalan garis luar
}
void draw(){
background(240); //warna background
ellipse(x, y, 50, 50); //posisi dan ukuran objek
if(keyPressed){
if((key == 'W') || (key == 'w')) y -= 10; //W untuk ke atas
if((key == 'A') || (key == 'a')) x -= 10; //A untuk ke kiri
if((key == 'S') || (key == 's')) y += 10; //S untuk ke bawah
if((key == 'D') || (key == 'd')) x += 10; //D untuk ke kanan
}
}
Selesai, kemudian klik RUN atau tekan CTRL + R!
Sekian dari aku, semoga bermanfaat!
Wassalamualaikum Wr. Wb~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar