Pages

Laptop Mati Mendadak Setiap 30 Menit

Kamis, 16 Maret 2017


Setelah sekian lama saya tidak menggunakan laptop sendiri, kira-kira hampir sekitar 9 bulan, saya akhirnya menggunakan laptop saya lagi. Dikarenakan laptop inventaris yang dipinjamkan kepada saya sudah saya kembalikan, tidak perlu ditanyakan mengapa saya mengembalikannya, kita semua pasti mengerti :D

Akhirnya saya duduk bersama kekasih (Laptop) saya lagi. Awalnya tidak ada yang aneh, tetapi setelah beberapa saat, mungkin sekitar 30 menit, laptop saya mendadak shutdown tanpa pemberitahuan apapun. Saya sangat yakin baterai belum habis dan termperatur pun tidak terlalu panas, bisa di bilang normal. Tetapi saya tetap berpikir positif bahwa ini overheat, akhirnya saya menyalakannya kembali. Dan setelah 30 menit, terjadi kejadian yang sama, laptop kembali shutdown mendadak, saya pun telah memastikannya menggunakan jam, bahwa benar ini sangat tepat 30 menit akan shutdown mendadak. Jika memang overheat menurut saya waktunya tidak mungkin sama 30 menit.

Dan saat itupun saya langsung searching penyebabnya, sampai akhirnya saya menemukan ini :
Yap! Di sana tertulis penyebabnya adalah motherboard dan seketika membuat tubuh ini lemas. Tidak mungkin saat ini juga saya mampir ke tempat servis untuk mengganti motherboard, dikarenakan keadaan kantong. Dan jika dibiarkan juga akan sangat mengganggu aktifitas bercoding ria saya, karena setiap 30 menit akan shutdown.

Tetapi akhirnya saya menemukan solusi SEMENTARA (maaf saya lupa linknya hehe), kenapa kata sementara saya beri bold, karena ini benar-benar solusi hanya untuk sementara, yaitu dengan Sleep/Suspend laptop setiap 29 menit atau setiap 1 menit sebelum laptop shutdown mendadak! Mungkin merepotkan jika harus menghitung setiap 29 menit dan Sleep atau Suspend laptop manual, dan akhirnya karena saya menggunakan Ubuntu, saya pun menggunakan Cron untuk membuat jadwal setiap 29 menit laptop akan suspend.

Berikut cara menggunakan Cron:

Pertama buka terminal dan ketikan perintah
$ sudo crontab -e
Kemudian paste code ini di dalam crontab tadi
*/29 * * * * systemctl suspend  
Lalu Save!

Selesai! Setiap 29 menit laptop anda akan Suspend dan proses mati mendadak tidak akan terjadi. Cara ini sudah saya test untuk laptop saya sendiri yang menggunakan OS Ubuntu 16.04, untuk laptop windows mungkin ada aplikasi GUInya. Oh iya jika ada yang menemukan cara lebih baik atau bahkan berhasil memperbaiki laptop seperti ini tanpa mengganti motherboard, tolong di share ya :)



10 komentar:

  1. Bang sudah ketemu masalahnya soalnya sama dgn laptop relion sy ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas, laptop saya baru aja bulan kemarin saya bawa ke tukang service, katanya ada masalah di IC powernya, jadinya dibenerin IC powernya aja (entah di ganti atau engga). Tapi alhamdulillah udah bener lagi sekarang.

      Hapus
  2. Senasib gan. . laptop ane juga sama gitu. . cara nya juga sama kaya yg agan tulis di atas. . hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha mantab gan, kalo ada biaya mending bawa ke service aja kang, punya saya berhasil soalnya tanpa ganti mother board

      Hapus
    2. Agak lupa sih, kayanya sekitar 300k-500k gan

      Hapus
  3. gan, kalau laptop masalah nya seperti itu, harus cepat2/buru2 di service atau bisa di tunda? bisa fatal gak kalau blm di perbaiki?

    BalasHapus
  4. aduh saya baru kna nih.. kiranya sama gaya harganya. yangpunya saya laptop dell

    BalasHapus